Senin, 14 Maret 2011

My Special Activities

Hallo.. hallo .. halloo ..
Sobat, hm aku mau share nih tentang  my activities in my school hari ini.
hahaha, saya tidak mengikuti pelajaran selama saya di sekolah, tapi mendapat bimbingan dari Organisasi IKRAR MUDA dari Masjid Agung Darussalam Cilacap. Lumayan, gak ikut pelajaran tapi dapet tambahan ilmu dari Organisasi tersebut.  Awalnya saya gak tau kalau saya dipanggil oleh guru agama saya untuk ditugasi apa, ehh udah sekitar 2 jam lebih saya menunggu with my friends di mushola, taunya ada acara silaturahmi dengan remaja masjid Agung Darussalam Cilacap. Disaat itu saya dijelaskan apa itu IKRAR MUDA. Setelah itu ada forum diskusi dan pertanyaan. Berbagai pertanyaan keluar dari bibir my friend. Sampai bingung mau nanya apa lagi. Lalu saya di suruh oleh guru saya untuk menanyakan tentang Hukum wanita memakai cadar, hukum laki-laki memakai celana panjang di atas mata kaki, terus sama hukum laki-laki yang berjenggot. Setelah saya bertanya, salah satu dari anggota Organisasi IKRAR MUDA itu menjelaskan 1)hukum bagi wanita yang memaki cadar, menurutnya hukum wanita memakai cadar itu boleh saja, wanita Arab yang memakai cadar itu untuk melindungi diri dari sengatan matahari, debu-debu yang memang sangat berbahaya untuk kesehatan. Selain itu wanita memakai cadar untuk melindungi diri dari syetan yang merasuk ke dalam diri laki-laki, sehingga tidak menimbulkan hawa nafsu pada laki-laki tersebut. Lalu 2)hukum laki-laki yang memakai celana panjang di atas mata kaki. Dijelaskan bahwa hukumnya itu boleh.Banyak orang yang mengemukakan alasannya untuk menghindari hadas dan najis, sehingga ketika melaksanakan ibadahnya sholatnya itu sah. Untuk para kaum laki-laki boleh mengenakan celana panjang di atas laki-laki, dan boleh juga di bawah mata kaki.3)Hukum laki-laki berjanggut. Diterangkan hukum untuk laki-laki yang berjanggut itu boleh(siangkat,padat,dan jelas)

Salah satu dari kakak kelas saya bertanya pada Organisasi tadi. Pertanyaannya itu mengenai hukum memakai kerudung/jilbab bagi wanita muslim. Hukumnya yaitu wajib bagi wanita muslim. Aurat wanita yaitu seluruh tubuh selain wajah dan ke-2 telapak tangan. Sehingga rambut adalah aurat wanita. Dalam islam wanita diwajibkan untuk menutup auratnya. Dan aurat rambut ditutupi dengan memakai kerudung/jilbab. Dalam islam menutup aurat itu yaitu memakai pakaian yang dapat menutupi seluruh tubuh, dengan pakaian yang tidak transparan , dan pakaian tersebut tidak mengikuti setiap lekukan tubuh (tidak ketat).Menurut hadist adzab untuk wanita yang tidak memakai kerudung itu tidak mencium bau surga. (Nah loh, giman itu , masa gak mencium bau surga???!). Dan untuk wanita yang masih buka tutup kerudung,sebenarnya itu tidak boleh. Memang  awalnya sulit untuk pemula, tapi jika dibiasakan akan terbiasa, dan tidak akan merasa sulit lagi kok.Awalnya pelan-pelan saja dulu, nanti kalau sudah terbiasa akan nyaman, tenang aja.Memakai kerudung akan terlihat lebih cantik, dan anggun kok ;)



  Pertanyaan berikutnya tentang Gimana sih pacaran dalam islam itu? Diterangkan bahwa dalam islam itu tidak disebutkan pacaran. Dalam islam itu tidak ada kata pacaran. Jika laki-laki merasa tertarik atau bener-berner suka , bener-bener sayang, bener-bener cinta dengan seorang wanita dalam islam itu laki-laki tersebut langsung saja melamarnya, begitu juga sebaliknya.Dan dalam islam tidak ada proses pacaran. Umumnya pacaran itu menjalin hubungan khusus dengan lawan jenis yang didasari suka, cinta, dan sayang. Kebanyakan orang pacaran itu sering berduaan, kemana-mana berdua, kadang-kadang mojok lagi. Nah itu yang bisa menyebabkan hawa nafsu dari seorang laki-laki muncul. Dan bisa mendekatkan ke perilaku yang hina. Allah berfirman intinya "Semua umat manusia tidak boleh mendekatkan diri pada perilaku yang hina". Mendekatkan diri aja gak boleh mau yang pas perilakunya itu.



Pertanyaan selanjutnya tentang Cinta pada seseorang itu didasari Cinta Kepada Allah. Dijelaskan lagi maksud dari pertanyaan tersebut itu adalah bila sesorang suka, sayang, satu cinta pada seseorang maka itu harus didasari karena Cinta pada Allah. Jika kita cinta pada seseorang itu dilihat dari agamanya. Jika agamanya baik, good., rajin sholat, bisa menerapkan rukun islam dan rukun iman, dan perilakunya baik, maka itu yang dinamakan Cinta pada seseorang yang didasari dengan cinta kepada Allah.

Sebenernya masih banyak lagi pertanyaan yang belum saya sebutkan disini, karena banyaknya itu saya tidak dapat menjelaskan satu-satu dari setiap pertanyaan tersebut.
Ada satu pertanyaan yang belum sampat saya tanyakan pada Organisasi IKRAR MUDA, yaitu tentang Cinta yang melebihi Cinta Kepada Allah.


Mungkin dari sekian banyak manusia didunia iniada yang bisa menjelaskan atau memberi pendapat tentang pertanyaan saya tadi.

Please, koment  atau mengisi buku tamu saya jika anda-anda semua ingin berpendapat dan menyatakan penjelasan anda ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar