Rabu, 30 Maret 2011

Robot-Robot Canggih

Dunia anak-anak memang sangat unik dan menarik bila di amati dengan baik-baik. Mereka juga sangat menyukai hal-hal baru yang dapat menarik perhatian mereka. Maka hal tersebut pun tidak mengherankan jika banyak orang-orang dewasa sangat memperhatikan tumbuh kembang anak-anak mereka. Terlebih lagi dalam pergaulan mereka yang dapat membuat mereka bebas.
robot
Hal ini dapat menjadi insprirasi untuk sebagian orang dalam menciptakan hal baru dalam dunia mereka. CEO Robo Garage Inc., telah meluncurkan robot humanoid kecil yang dapat berlari bahkan melompat atau “Lopid (ROPID)” dalam konferensi pers di Universitas Tokyo.
Lopid (ROPID) memiliki tinggi 38cm, bobot 1,600g, panjang kaki 16cm yang dapat melompat sejauh 8cm. Jangkauan kaki robot ini lebih jauh, dibandingkan 25 derajat bebas kemampuan melompat di seluruh dunia untuk ukuran kaki robot sepanjang itu. Dengan derajat bebas 29 (kaki 7×2, lengan 5×2, 1 silinder, dan 4 di bagian kepala). Kedua kaki memiliki sensor akselerometer dimana setiap kaki dilengkapi dengan baterai lithium polymer (7.4V 1,320 mAh), dan bertahan hingga 1 jam jika dalam pengoperasian normal.
Board di dalam robot ini termasuk Reitoron Co. “BSRM01-01E”, dan di luarnya berlapis fiber dan plastic. ROPID sendiri berasal dari kata “Robot” dan “Rapid”. Body robot Lopid ini dilengkapi sensor gyro akselerometer internal yang dapat bergerak bebas ke kanan dan ke kiri tanpa dikontrol. Ke depannya, Lopid dengan design gerak akan dibuat untuk design komunikasi yang dapat dipakai oleh orang-orang. Sementara untuk karakternya akan terus diperluas untuk digunakan dalam film pendek, festival atau pameran.
Robot tersebut sangat unik, apalagi menggambarkan tingkah anak-anak yang hiperaktif dalam kegiatannya. Tetapi robot tersebut tidak diproduksi banyak oleh perusahaannya, karena dapat mengganggu tumbuh kembang anak juga yang dipengaruhi oleh robot itu.




Pernahkah Anda bayangkan kalau suatu hari kelak manusia akan memiliki kembaran (klon) yang identik dalam sosok sebuah robot?  Sangat sulit dibayangkan memang, dan boleh jadi ini mungkin hanya semacam rekayasa ataupun akal-akalan seseorang saja untuk mengelabui banyak orang. Tetapi kali ini memang ilmuan dari jepang berkalaborasi membuat robot menyerupai manusia.
robot manusia
Sering kita ketahui Robot yang mirip manusia yang selama ini hanya bisa disaksikan dalam film ataupun cerita-cerita fiksi ilmiah, tampaknya sebentar lagi akan mendekati kenyataan. Pasalnya berawal dari kolaborasi yang telah dilakukan oleh sekelompok ilmuwan dari Jepang dan Denmark, kabarnya mereka baru saja telah berhasil mengembangkan seri robot Geminoid terbaru ywng terbuat dari ultra-realistic android yang selain dirancang dalam sosok yang mirip dengan manusia, robot tersebut juga mampu melakukan ekspresi, gerakan tubuh dan berkomunikasi seperti layaknya manusia biasa.Ilmuwan dari Jepang dan Denmark patut di berikan penghargaan yang sangat luar biasa.
Meski ini baru sebatas eksperimen, namun hal ini membuktikan kalau robot yang bisa mirip  dengan manusia 100% boleh jadi bukanlah sebuah cerita hayalan. Dan seiring perkembangan teknologi robot dari waktu ke waktu, segala kemungkinan bisa saja terjadi nantinya. Kolaborasi para ilmuwan Jepang dan Denmark tersebut sendiri berada dalam ruang lingkup pengembangan sebuah proyek Geminoid DK yang ternyata telah berlangsung sekitar satu tahunan. Robot Geminoid ini sendiri dikembangkan oleh Kokoro dan Hiroshi Ishiguro dengan mengambil model sosok manusia professor Scharfe dari universitas Aalborg, Denmark.
Sebelum menghuni sebuah laboratorium di Denmark, konon robot Geminoid tersebut harus melewati tahap pengaturan dan pengujian terlebih dulu yang kini dilakukan di Japan Advanced Telecommunications Research Institute International (ATR) di Nara, Jepang. Robot Geminoid tersebut kabarnya akan digunakan untuk meneliti tingkat emosional (emotional affordances) dalam interaksi manusia dengan robot, ide pemikiran, dan cara  kebiasaan sebuah budaya tertentu dalam persepsi robot.
Wow, tiada kata yang bisa terucapkan selain rasa takjub dan penasaran dengan aksi robot Geminoid tersebut. Lalu bagaimana dengan Anda sendiri? apakah berminat memiliki kembaran (kloning) dalam sosok sebuah robot yang identik dengan Anda? Yang pasti dengan adanya perkembangan teknologi dan ilmuwan yang sangat jenius-jenius ini membuat suatu robot yang berguna, dan bukan untuk menghancurkan dunia.



Teknologi kali ini sedang berkembang pesat. Kali ini manusia menciptakan teknologi yang sangat canggih yaitu robot. Hal ini menunjukkan bahwa dunia teknologi semakin canggih. Dengan manusia menciptakan robot membuat banyak orang malas untuk melakukan sesuatu pekerjaan, dan tenaga manusia malah akan jarang digunakan. Hal ini dapat menimbulkan sisi negatif yang sangat serius. Di sisi positif nya mungkin robot ini dapat membantu manusia dalam pertempuran.
bigdog_485
Pasukan robot yang tangguh dan siap tempur yang biasanya hanya kita saksikan di film-film action hollywood, tampaknya sebentar lagi akan menjadi kenyataan. Bayangkan saja, seakan terinpirasi dengan sosok robot humanoid di film Terminator dan robot binatang seperti di film Transformer, kabarnya Militer Amerika Serikat kini tengah berupaya merealisasikan keberadaan mereka dalam kehidupan nyata.
Militer Amerika tersebut sudah membuat robot yang dia telah buat. Kabarnya robot iru dibuat seperti robot tentara bipedal dan berkaki empat yang bisa berlari lebih cepat dari manusia.Waw apa yang terjadi jika ada robot di muka bumi ini.!!!!
Program ini bertujuan untuk menciptakan kerangka ilmiah yang meningkat secara signifikan guna rancangan yang cepat dan produksi sistem robot serta meningkatkan mobilitas dan manipulasi robot terbesar terhadap lingkungan alam sekitarnya. Selain itu juga dibutuhkan bagi keperluan militer dan perang, robot-robot ini bukan hanya di set untuk robot militer dan perang, tetapi juga dapat membantu pekerjaan manusia yang lainnya, seperti : di bidang pertanian, pemadam kebakaran, maupun layanan darurat. Robot ini sangat membantu pekerjaan manusia.
robot binatang berkaki empat ini kabarnya di kenal dengan sebutan  BigDog, yang artinya robot yang di buat mirip seperti binatang dan memiliki kaki 4. Kelebihannya robot ini memiliki kaki yang kokoh dan kuat tidak mudah jatuh meskipun kakinya kecil. Bukan hanya iru saja robot ini kuat berjalan dalam kondisi apapun, seperti di iar, jalan, lumpur, bahkan disalju pun dia masih kuat untuk berjalan.Dan robot ini memilki jalan yang sangat cepat, melebihi jalan manusia 3 x lipat.
Robot jenis ini didesain untuk menyelip ke ruangan yang sempit dan menggunakan tangannya untuk bergerak cepat pada medan yang terjal.
Perkembangan teknologi memang sangat berpengaruh kepada kehidupan kita.Dengan di buatnya robot ini, semoga dapat membantu pekerjaan manusia dalam hal positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar